Latihan Soal UKG SMP IPA 2015
Latihan Soal UKG SMP IPA 2015. Selamat bertemu dengan Siap UKG, pada kesempatan yang baik ini Siap UKG akan posting dengan judul "Soal Siap UKG SMP IPA 2015"[http://siap-uji-kompetensi-guru.blogspot.com/2013/05/soal-ukg-smp-ipa-2013.html]. Seperti kita ketahui bahwa menurut rencana pelaksanaan UKA/UKG 2015 adalah akan dilaksanakan pada tahun 2015, hal ini terutama bagi yang tahun 2014 belum mengikuti UKA. Dalam rangka untuk mensuskeskan UKA/UKG 2015, Siap UKG akan berbagi beberapa soal yang mungkin bermanfaat untuk menghadapi Soal UKG 2015 IPA SMP resmi. Seperti apa Soal Siap UKA/UKG IPA 2015 ini ?
Soal Siap UKA/UKG 2015 SMP IPA
Q.1)
|
Menurut Piaget, tahapan perkembangan operasional konkrit
intelektual siswa ada pada usia....
|
A.
|
0 - 2 tahun
|
B.
|
2 - 6 tahun
|
C.
|
6 - 12 tahun
|
D.
|
12 - dewasa
|
Q.2)
|
Tes yang dapat digunakan untuk mengetahui pengetahuan awal
siswa adalah....
|
A.
|
pretes
|
B.
|
postes
|
C.
|
tes diagnostik
|
D.
|
tes penempatan
|
Q.3)
|
Langkah pembelajaran yang dapat dilakukan untuk mengatasi
kesulitan yang dihadapi siswa adalah .....
|
A.
|
memberi pertanyaan
|
B.
|
memberi penghargaan
|
C.
|
melakukan
pengulangan prsentasi
|
D.
|
mengadakan tes di
akhir bab
|
Q.4)
|
Kegiatan belajar yang sesuai dengan Teori Konstruktivisme
adalah.....
|
A.
|
praktikum
|
B.
|
mendengarkan ceramah
|
C.
|
meringkas buku paket
|
D.
|
membaca bergilir
|
Q.5)
|
Model pembelajaran yang paling cocok untuk mengajarkan cara
menggunakan mikroskop adalah .....
|
A.
|
group investigasi
|
B.
|
cooperative learning
|
C.
|
model pengajaran
langsung
|
D.
|
model pembelajaran
induktif
|
Q.6)
|
Setelah melakukan suatu demonstrasi cara menggunakan alat
tertentu, sebaiknya guru.....
|
A.
|
memotivasi siswa
|
B.
|
melakukan apersepsi
|
C.
|
memberikan kuis
|
D.
|
meminta umpan balik
|
Q.7)
|
Berikut ini adalah prinsip-prinsip pengembangan kurikulum,kecuali.....
|
A.
|
berorientasi pada
tujuan
|
B.
|
memiliki relevansi
|
C.
|
tidak terintegrasi
|
D.
|
efisien dan efektif
|
Q.8)
|
Materi ajar harus dipilih berdasarkan beberapa pertimbangan,
salah satunya adalah .....
|
A.
|
berdasarkan buku
pegangan guru
|
B.
|
melihat kepada
kondisi sekolah
|
C.
|
penguasaan materi
oleh guru
|
D.
|
tingkat perkembangan
siswa
|
Q.9)
|
Materi pembelajaran harus ditata sedemikian rupa denganurutan
tertentu yang memperhatikan, kecuali ....
|
A.
|
urutan logis
|
B.
|
hierarki pengetahuan
|
C.
|
prasyarat
pengetahuan
|
D.
|
urutan bab dalam
buku guru
|
Q.10)
|
Soal untuk menguji kemampuan berpikir kritis sebaiknya dalam
bentuk .....
|
A.
|
esaay
|
B.
|
isian
|
C.
|
pilihan ganda
|
D.
|
menjodohkan
|
Q.11)
|
Apabila guru ingin mengetahui kemampuan siswa dalam cakupan
materi ajar yang sangat luas, maka sebaiknya guru menggunakan soal.....
|
A.
|
essay
|
B.
|
multiple choice
|
C.
|
uraian
|
D.
|
matching
|
Q.12)
|
Salah satu prinsip keterampilan bertanya yang harus dipegang
guru adalah.....
|
A.
|
bila siswa agak
kesulitan, segera membantu menjawab
|
B.
|
memberikan
pertanyaan kepada siswa pandai terlebih dahulu
|
C.
|
pertanyaan harus
menyebar dan acak
|
D.
|
pertanyaan diberikan
setelah siswa yang akan menjawab telah ditunjuk
|
Q.13)
|
Pertanyaan guru: "Apakah kalian masih ingat pelajaran
kita yang lalu? Apa yang dimaksud dengan kalor?" Pertanyaan tersebut
berfungsi untuk.....
|
A.
|
mengaitkan informasi
yang telah dimiliki siswa dengan materi pembelajaran baru
|
B.
|
mencek pemahaman
siswa setelah mengikuti pembelajaran
|
C.
|
memberikan arahan
agar bisa menjawab pertanyaan selanjutnya
|
D.
|
kembali memfokuskan
perhatian siswa setelah mereka mulai kehilangan perhatian
|
Q.14)
|
Roni mendapat skor 20 dari skor total 30, Rani 15, Rika 18 dan
Rosa 24 pada sebuah ulangan harian. Bila KKM IPA 75, maka pernyataan yang
benar adalah.....
|
A.
|
Siswa yang tuntas
adalah Roni dan Rosa
|
B.
|
Siswa yang tidak
tuntas hanya Rani
|
C.
|
Siswa yang tuntas
hanya Rosa
|
D.
|
Siswa yang tidak
tuntas Rani dan Roni
|
Q.15)
|
Perhatikan tabel berikut:
Siswa yang harus mengikuti program remidial adalah..... |
A.
|
Abu, Susi, Harun,
dan Fadli
Abu, Susi, Harun, dan Fadli |
B.
|
Abduh, Susi, Siska,
dan Fadli
|
C.
|
Santi, Susi, Harun,
dan Hafsiah
|
D.
|
Abu, Santi, Siska,
dan Fadli
|
Q.16)
|
Judul sebuah laporan penelitian tindakan kelas yang baik
hendaknya.....
|
A.
|
menyatakan dengan
tepat permasalahan dan bentuk tindakan yang dilakukan
|
B.
|
dirumuskan sebelum
penelitian tindakan kelas dilakukan
|
C.
|
memuat nama peneliti
dan asal sekolah peneliti
|
D.
|
mengandung variabel
kontrol dan variabel bebas yang diteliti
|
Q.17)
|
Pernyataan yang tidak tepat mengenai masalah pada PTK
adalah.....
|
A.
|
diangkat dari
kondisi nyata sehari-hari di kelas
|
B.
|
rumusan masalah
harus dirumuskan dalam bentuk kalimat tanya
|
C.
|
masalah memang
benar-benar perlu diselesaikan melalui PTK
|
D.
|
bukan merupakan
masalah yang bukan diluar jangkauan peneliti
|
Q.18)
|
Sebuah kotak memiliki panjang 20 cm, lebar 10 cm dan tinggi 15
mm. Volume kotak tersebut ....
|
A.
|
3000 sentimeter
kubik
|
B.
|
45 sentimeter kubik
|
C.
|
300 sentimeter kubik
|
D.
|
15 sentimeter kubik
|
Q.19)
|
Molekul senyawa sederhana ditunjukkan oleh.....
|
A.
|
B.
|
C.
|
D.
|
Q.20)
|
Besaran turunan ditunjukkan oleh.....
|
A.
|
volume, kelajuan,
dan massa jenis
|
B.
|
massa, waktu, dan
suhu
|
C.
|
luas, volume, dan
panjang
|
D.
|
kuat arus, volume,
dan massa jenis
|
Q.21)
|
Perhatikan pengukuran menggunakan neraca ohauss berikut
ini:
Massa benda dari pengukuran tersebut adalah..... |
A.
|
43,38 gram
|
B.
|
43,80 gram
|
C.
|
43,50 gram
|
D.
|
43,34 gram
|
Q.22)
|
Perhatikan grafik berikut:
Pernyataan yang benar adalah..... |
A.
|
air membeku pada
suhu O derajat Celcius
|
B.
|
Air menguap pada
saat t1
|
C.
|
Pada saat t0, air
dalam bentuk uap
|
D.
|
Air menguap di atas
suhu 100oC
|
Q.23)
|
Perpindahan kalor secara koduksi diakibatkan oleh.....
|
A.
|
pancaran partikel
zat
|
B.
|
loncatan partikel
zat
|
C.
|
aliran partikel zat
|
D.
|
getaran partikel zat
|
Q.24)
|
Sebuah percobaan menggunakan ticker timer diperoleh berkas
pada kertas pita seperti di bawah ini.
Gambar tersebut meunjukkan bahwa troly ... . |
A.
|
Bergerak melingkar
|
B.
|
Bergerak lurus
beraturan
|
C.
|
Bergerak lurus
berubah beraturan
|
D.
|
Bergerak dengan
percepatan tetap
|
Q.25)
|
Mengerndarai sepeda dengan kecepatan 5 m/s maka jarak
perpindahan yang di tempuh selama 4 menit adalah .....
|
A.
|
20 meter
|
B.
|
100 meter
|
C.
|
25 meter
|
D.
|
120 meter
|
Q.26)
|
Perhatikan gambar rangkaian listrik berikut:
Jika amperemeter menunjukkan kuat arus 0,25 A dan voltmeter menunjukkan tegangan 6 volt, hambatan lampu adalah ..... |
A.
|
0,5 ohm
|
B.
|
1,5 ohm
|
C.
|
12 ohm
|
D.
|
24 ohm
|
Q.27)
|
Perhatikan jaring-jaring makanan berikut:
|
A.
|
ayam
|
B.
|
padi
|
C.
|
katak
|
D.
|
ular
|
Q.28)
|
Pada percobaan perkecambahan diperoleh hasil, kecambah yang
ditempatkan di ruang tertutup dan gelap mempunyai ukuran lebih panjang
daripada kecambah yang ditempatkan di tempat terbuka. Kesimpulannya adalah
.....
|
A.
|
udara yang lembab
merangsang pertumbuhan
|
B.
|
cahaya matahari
menghambat pertumbuhan
|
C.
|
kekurangan udara
merangsang pertumbuhan
|
D.
|
suhu di tempat gelap
merupakan keadaan optimum untuk pertumbuhan
|
Q.29)
|
Respirasi di dalam sel terjadi pada organel sel ….
|
A.
|
kloroplas
|
B.
|
lisosom
|
C.
|
mitokondria
|
D.
|
badan golgi
|
Q.30)
|
Perbandingan antara gambar I dan II adalah
|
A.
|
1 : 2
|
B.
|
1 : 4
|
C.
|
2 ; 1
|
D.
|
4 : 1
|
Q.31)
|
Peristiwa berikut ini yang menunjukkan adanya perpindahan
kalor secara konduksi adalah ....
|
A.
|
mencairnya es di daerah
kutub
|
B.
|
sampainya energi
panas dari Matahari ke bumi
|
C.
|
terjadinya angin
darat dan angin laut
|
D.
|
memanaskan setrika
listrik
|
Sumber : penelitiantindakankelas.blogspot.com
Keywords : Latihan Soal UKA/UKG SMP IPA 2014, Soal Siap UKAUKG 2014 SMP IPA 2014