Simulasi Soal UKG IPA-SMP 2015





 

Matematika (SMP) 2015

 

Uji Kompetensi Guru

Jenjang/Tingkat: Matematika (SMP) 2015

Petunjuk Teknis ¤ Soal UKG Online 2015

00:00:00
Soal

1. Upaya guru dalam memanfaatkan hasil analisis untuk menentukan ketuntasan belajar antara lain sebagai berikut……..


Jawaban A
menentukan kriteria keberhasilan belajar
Jawaban B
mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya
Jawaban C
mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang diharapkan
Jawaban D
merencanakan pengajaran remidi
Jawaban E
mengadakan tes remidi
Soal
2. Upaya merancang pengayaan bagi peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:

Jawaban A
memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
Jawaban B
memberikan tes tambahan dengan tingkat kesukaran yang lebih tingi
Jawaban C
memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrumen tesnya yang sesuai
Jawaban D
diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan pengerjaan soal-soalnya yang memiliki kesulitan tinggi
Jawaban E
memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari penerbit yang berbeda
Soal
3. Soal dikatakan tidak dapat membedakan kelompok siswa pandai dengan kelompok siswa kurang pandai apabila ..

Jawaban A
butir soal memiliki 2 kunci jawaban sehingga daya pembedanya 1,0
Jawaban B
pengecoh tidak berfungsi sehingga daya pembedanya 1,0
Jawaban C
materi yang ditanyakan terlalu sulit sehingga daya pembedanya 1,0
Jawaban D
banyak siswa yang menebak sehingga daya pembedanya 0
Jawaban E
Semua jawaban benar
Soal
4. Portofolio sangat tepat digunakan untuk asesmen oleh guru, Terutama sekali :

Jawaban A
Selama pembelajaran berlangsung
Jawaban B
Ketika akan dimulai pembelajaran
Jawaban C
pada saat psnkoran
Jawaban D
Jawaban benar semua
Jawaban E
Jawaban salah semua
Soal
5. Struktur sajian suatu karya tulis ilmiah pada umumnya terdiri dari

Jawaban A
pendahuluan, inti (pokok pembahasan), dan penutup
Jawaban B
pendahuluan, abstrak, bagian inti, simpulan
Jawaban C
abstrak, pendahuluan, bagian inti, simpulan
Jawaban D
abstrak, bagian inti, penutup
Jawaban E
Semua jawaban benar
Soal
6. Kemampuan siswa yang perlu dipertimbangkan ketika menerapkan teknik penilaian proyek adalah kemampuan ...

Jawaban A
berpikir ilmiah, mulai dari penentuan topik, melakukan pengamatan, hingga penulisan laporan
Jawaban B
mendesain hasil karya
Jawaban C
memilih dan menggunakan alat di lapangan
Jawaban D
menilai hasil karya secara analitis dan holistik
Jawaban E
Semua jawaban benar
Soal
7. Dalam melakukan evaluasi proses dan hasil belajar, seorang guru perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

Jawaban A
Semua indikator ditagih dengan berbagai teknik penilaian, analisa hasil penilaian, melaksanakan program perbaikan dan pengayaan
Jawaban B
Melaksanakan program perbaikan dan pengayaan, analisa hasil penilaian, sebagian indikator ditagih dengan berbagai teknik penilaian
Jawaban C
Analisa hasil penilaian, belum melaksanakan program perbaikan dan pengayaan, semua indikator ditagih dengan berbagai teknik penilaian
Jawaban D
Melaksanakan hasil penilaian dan melaksankan program perbaikan dan pengayaan
Jawaban E
Semua indikator ditagih dengan berbagai teknik penilaian dan melaksanakan analisa hasil penilaian
Soal
8. Penilaian sikap lebih sulit dilakukan, karena ...

Jawaban A
sumber kesalahan bersumber pada subjek yang dinilai
Jawaban B
stabilitas emosi subjek yang dinilai
Jawaban C
indikator perilaku sangat banyak jumlahnya
Jawaban D
reliabilitasnya bergantung pada variabel perilaku yang relevan
Jawaban E
Semua jawaban benar
Soal
9. Pada setiap akhir kegiatan pembelajaran, guru bersama peserta didik melakukan kegian refleksi.
Hal ini dilaksanakan untuk….

Jawaban A
mengukur ketuntasan peserta didik
Jawaban B
mengukur efektivitas proses pembelajaran
Jawaban C
mengukur hal-hal yang belum dipahami peserta didik
Jawaban D
menentukan langkah-langkah pertemuan berikutnya

Soal
10. Mengaitkan berbagai struktur dan hubungan antar manusia dalam organisasi untuk inovasi pendidikan termasuk ke dalam . . . .

Jawaban A
Tujuan yang ingin dicapai
Jawaban B
Prosedur yang digunakan
Jawaban C
Kondisi normatif
Jawaban D
Struktur sosial
Jawaban E
Semua jawaban benar

Petunjuk Penggunaan

 

Tekan tombol A
Untuk memilih Jawaban A

Tekan tombol B
Untuk memilih Jawaban B

Tekan tombol C
Untuk memilih Jawaban C

Tekan tombol D
Untuk memilih Jawaban D

Tekan                          
Untuk soal berikutnya

Tekan Backspace
Untuk soal sebelumnya

 

Nomer:
NUPTK:
Soal Sebelumnya Soal yang pertama Proses Ujian Navigasi Soal Kecilkan ukuran font Normalkan ukuran font Besarkan ukuran font Soal nomer terakhir Soal selanjutnya