Mata Pelajaran : KIMIA KESEHATAN Jenjang : SMK Soal : Soal Pretes UKG Mapel KIMIA KESEHATAN
Soal Pretes UKG Mapel KIMIA KESEHATAN KIMIA KESEHATAN
00:00:00
Soal
1. Pembelajaran klasikal cenderung mengabaikan perbedaan-perbedaan yang ada diantara para siswa. Untuk itu jika guru menggunakan pembelajaran klasikal hendaknya ....
melaksanakan pembelajaran masing-masing individu secara berbeda-beda memberikan tugas yang disesuaikan dengan tuntutan materi ajar menggunakan metode, model atau strategi pembelajaran yang bervariasi melaksanakan pengayaan bagi semua siswa, terutama pada siswa yang sudah menguasai bahan pelajaran
Soal
2. Kegiatan-kegiatan berikut yang sesuai dalam pelaksanaan refleksi guru yang ingin memperoleh gambaran keberhasilan mengajarnya adalah ...
menanyakan pandangan guru lain terhadap kualitas instrumen penilaian yang akan digunakan mengidentifikasi kelemahan RPP yang telah dibuat mencermati kembali kemampuan siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ia berikan di kelas mereview tugas-tugas yang telah diberikan kepada siswa
Soal
3. Dibawah ini merupakan pernyataan hipotesis yang sesuai dengan PTK ...
Pembelajaran dengan kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Jayabangsa Pembelajaran dengan kooperatif tipe TAI dapat mempengaruhi peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD Jayabangsa Pembelajaran dengan kooperatif tipe TAI mengalami peningkatan hasil bealajar siswa kelas V SD Jayabangsa dibandingkan pembelajaran konvesional Pembelajaran dengan kooperatif tipe TAI lebih efektif dibandingkan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw siswa kelas V SD Jayabangsa
Soal
4. Kajian Pustaka memuat ...
landasan teori, kajian pustaka, penelitian yang relevan, hipotesis landasan teori, penelitian yang relevan, kerangka pikir, hipotesis landasan teori, peneilitian yang relevan, hipotesis, kerangka teori landasan pikir, penelitian yang relevan, kerangka teori, hipotesis
Soal
5. Pak Joko memberikan pujian kepada Asmawi, peserta didiknya yang mampu menjawab dengan tepat pertanyaan yang diberikan kepada Asmawi. Pujian yang diberikan Pak Joko kepada Asmawi adalah dengan cara Pak Joko mengacungkan jempol.
Pujian seperti yang dilakukan Pak Joko kepada Asmawi merupakan jenis komunikasi...
verbal satu arah personal nonverbal
Soal
6. Perhatikan KD berikut!
KD. 3.2 Mendeskripsikan daur hidup beberapa jenis mahluk hidup.
Berdasarkan KD tersebut, bu Deti merumuskan indikator pembelajaran, berikut ini indikator yang tidak sesuai dengan KD tersebut adalah ....
Membedakan metamorfosis sempurna dan tidak sempurna Mengamati jenis hewan yang mengalami metamorphosis sempurna dan tidak sempurna Mengidentifikasi jenis-jenis metamorfosis Mengidentifikasi jenis hewan yang mengalami metamorphosis sempurna dan tidak sempurna
Soal
7. Saat pembelajaran diskusi kelompok. Peserta didik diminta untuk menyampaikan gagasan dan komentar dengan kalimat yang runtun dan lafal yang jelas. Tugas guru adalah menilai peserta didik dengan teknik pengamatan terhadap gagasan dan komentar peserta didik. Rancangan evaluasi yang dibuat guru adalah rambu-rambu penilaan proses pembelajaran dengan aspek-aspek ....
Intonasi, tempo, kalmat efektif dan ejaan yang benar Kelancaran kalimat, kualitas gagasan, ejaan dan tanda baca Isi gagasan, kesesuaian gagasan, keruntutan kalimat, kejelasan lafal Isi gagasan, kesesuaian gagasan, kalimat efektif dan tanda baca
Soal
8. Fasilitas yang dipilih untuk mendapatkan template yang diperlukan ketika bekerja menggunakan Equation adalah ....
Operator Structures Tools Symbols
Soal
9. Ibu Prapti menjelaskan materi pelajaran kepada peserta didiknya di kelas satu dengan jelas. Sehingga materi pelajaran yang disampaikan Bu Prapti dapat dimengerti dengan baik oleh peserta didik. Berdasarkan ilustrasi di atas, berarti Bu Prapti sudah menerapkan strategi komunikasi dalam pembelajaran, yaitu ....
respect clarity humble audible
Soal
10. Pernyataan berikut yang bukan merupakan bagian dari kegiatan penyusunan butir instrumen hasil belajar adalah ....
diprediksi dapat dikerjakan oleh sebagian besar siswa mempertimbangkan komposisi aspek-aspek kognitif menentukan kompetensi atau indikator yang hendak diukur membuat indikator soal
Soal
11. Dalam pembelajaran yang menerapkan kurikulum berbasis kompetensi, guru dituntut untuk berperan sebagai pengamat artinya guru hendaknya ...
menggunakan berbagai media pembelajaran yang inovatif memberi kebebasan yang bertanggung jawab kepada siswa dalam belajar mengembangkan dan memelihara suasana belajar yang kondusif memberikan arah dan membimbing siswa untuk menguasai kompetensi
Soal
12. Seorang guru akan menunjukkan bangun ruang balok dengan memperjelas atau menekankan bagian-bagian balok seperti: sisi, rusuk, diagonal ruang, diagonal sisi, bidang diagonal dengan animasi. Sofware yang dapat digunakan adalah ...
Microsoft Word Microsoft Excel Microsoft Acces Microsoft PowerPoint
Soal
13. Kemampuan komunikasi yang efektif yang sesuai kondisi psikologi peserta didik adalah sebagai berikut, kecuali ....
sebut nama mereka dengan cara yang menyenangkan mereka berikan kesan bahwa Anda berada dalam tim yang sama tidak menawarkan hadiah bila mereka berbuat baik atau benar dengarkan dengan penuh perhatian semua yang mereka katakan
Soal
14. Metode Penelitian memuat ...
prosedur penelitian, setting penelitian, perhitungan siklus, teknik pengolahan data, teknik analisis data, data dan sumber data, instrumen penelitian, indikator keberhasilan prosedur penelitian, setting penelitian, prosedur siklus, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, data dan sumber data, instrumen penelitian, indikator keberhasilan prosedur penelitian, setting penelitian, perhitungan siklus, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, data dan sumber data, instrumen penelitian, indikator keberhasilan prosedur penelitian, setting penelitian, prosedur siklus, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, instrumen penelitian, indikator keberhasilan
Soal
15. Isi kurikulum harus memenuhi kriteria kegunaan, artinya bahwa isi kurikulum harus ...
bermanfaat bagi kehidupan memiliki tingkat kebermaknaan yang tinggi sesuai dengan minat siswa sesuai dengan tingkat perkembangan siswa
Soal
16. Fungsi utama indikator adalah untuk ....
merumuskan bentuk dan jenis penilaian merumuskan tujuan pembelajaran menentukan media dan sumber belajar menentukan materi pokok
Soal
17. Salah satu manfaat media dalam pembelajaranadalah ....
dapat menjadikan pelajaran menjadi lebih luas guru lebih santai karena terbantu pembelajaran dapat bermakna ganda dapat membuat materi pelajaran yang abstrak menjadi lebih konkret
Soal
18. Di Microsoft Powerpoint pada kotak dialog Record Sound digunakan untuk ....
menyimpan hasil rekaman memulai rekaman menghentikan rekaman menjalankan hasil rekaman
Soal
19. Aliran dari teori belajar yang memandang belajar adalah perubahan persepsi dan pemahaman adalah ....
20. Buku paket, video, film, bola dunia, grafik, CD interaktif termasuk jenis sumber belajar ....
bahan (material) lingkungan (setting) peralatan (device) pesan (message)
Soal
21. Kurikulum bagi guru berfungsi sebagai pedoman dalam ....
melaksanakan supervisi atau pengawasan memberikan bantuan bagi terselenggaranya proses pendidikan di sekolah membimbing anak belajar di rumah melaksanakan proses belajar mengajar
Soal
22. Kegunaan RPP adalah sebagai pedoman bagi guru untuk ....
memberdayakan sumber belajar melakukan penilaian hasil belajar siswa mengelola interaksi pembelajaran melaksanakan pembelajaran di kelas
Soal
23. Fungsi dari Winamp adalah ...
untuk mendengarkan musik untuk membuat film untuk mengolah gambar untuk memutar film yang termuat dalam CD
Soal
24. Ibu Lolita ingin menerapkan strategi pembelajaran "berpusat pada siswa" (student-centered oriented) dengan pendekatan saintifik. Deskriptor dari kompetensi yang hendak dicapai ialah mampu menuliskan teks prosedur.Di antara kegiatan-kegiatan di bawah ini, manakah yang mencerminkan kegiatan langkah mengomunikasikan dari materi di atas ....
Siswa secara kelompok menampilkan hasil kerja analisis ciri, struktur, dan kaidah teks prosedur "Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Terkena Tilang?" di majalah dinding (atau dipapan pajang) Siswa saling menanggapi hasil karya teman. Siswa saling menilai hasil karya teman, Siswa bertanya jawab dan berdiskusi merumuskan struktur dan kaidah teks prosedur kompleks "Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Terkena Tilang?" Siswa secara kelompok merumuskan dan menuliskan simpulan ciri, struktur, dan kaidah teks prosedur kompleks "Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Terkena Tilang?" Siswa secara mandiri menyusun pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan teks prosedur kompeks yang dibacanya. Siswa membentuk pasangan. Setelah itu, secara bergiliran menyampaikan pertanyan kepada pasangannya.Bila pasangannya tidak mampu menjawab, siswa menyampaikan pertanyaan kepada guru. Siswa membaca dan mengamati model teks prosedur yang berjudul "Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Terkena Tilang?" dengan teliti dan bertanggung jawab. Siswa memperhatikan ciri, struktur,dan kaidah teks prosedur yang terdiri atas tujuan dan langkah-langkah.
Soal
25. Kelumpuhan organ bicara dapat menimbulkan kelainan-kelainan bunyi yang yang dihasilkan karena pada rahang, bibir, dan gigi mengalami masalah, baik dibawa sejak lahir atau kecelakaan. Hal tersebut dapat memengaruhi kelancaran komunikasi yang disebut faktor .......
pengetahuan Intelengensi biologis kepribadian
Soal
26. Komunikasi yang disampaikan melalui media televisi disebut komunikasi ....
Massa Nonverbal Kelompok Verbal
Soal
27. Seorang guru tidak hanya menyampaikan ilmu pengetahuan kepada peserta didiknya. Ia harus mampu mengelola kelas dan memotivasi peserta didik untuk semangat belajar. Penampilan guru juga harus menarik dan bersikap empatik terhadap peserta didik. Begitu juga dalam bertutur kata, seorang guru harus memberi contoh bahasa yang santun. Saat di kelas, guru dapat melakukan tindakan untuk menarik perhatian. Misalnya, dengan memberikan pujian atau tanda tertentu, seperti tepuk tangan atau menghentakkan papan tulis, berkeliling ruangan atau berbicara dengan irama. Bisa juga guru memulai pelajaran dengan mengajukan pertanyaan yang membangkitkan minat peserta didik terhadap topik yang dibicarakan. Di akhir pembelajaran guru mengajak peserta didiknya menyimpulkan pembelajaran yang baru saja dialami peserta didik. Mereka bisa menuliskan dalam secarik kertas, kemudian membacakannya.
Manakah kegiatan peserta didik dalam refleksi pembelajaran ....
Siswa bertanya kepada guru perihal pelajaran yang lalu Siswa berbahasa yang santun saat interaksi kepada guru Siswa mengikuti instruksi guru pada saat guru memberikan tugas Siswa menyimpulkan pembelajaran yang baru saja dialami.
Soal
28. Langkah untuk mengatur lebar kolom pada lembar kerja Excel adalah ....
sorot range -> tab Home -> grup Cells -> Format as Table -> Column Width sorot range -> tab Home -> grup Cells -> Format -> Column Width sorot range -> tab Home -> grup Cells -> Format as Table -> Row Width sorot range -> tab Home -> grup Cells -> Format -> Row Height
Soal
29. Ibu Guru menegur siswa yang tidak memperhatikan saat ia mengajar dengan cara menatap langsung siswa tersebut.
Komunikasi yang diberikan ibu Guru kepada siswa tersebut merupakan komunikasi....
verbal kelompok Massa nonverbal
Soal
30. Istilah "perlu bimbingan" pada deskripsi rapor pengetahuan, diberikan apabila siswa ....
merupakan nilai terendah diantara beberapa nilai ulangan nilainya rata-rata baik pada semua kompetensi tidak ada yang menonjol pada kompetensi dasar yang diujikan mendapatkan nilai di bawah ketuntasan belajar
Soal
31. Implikasi dari eksperimen Pavlov pada pembelajaran adalah ....
Anak akan belajar jika diberikan motivasi Anak akan belajar jika dibiasakan Anak akan belajar lebih giat jika mendapat nilai baik Anak akan belajar jika selalu diperintah
Soal
32. Fungsi dari efek animasi Emphasis adalah ....
untuk memberi penekanan pada objek untuk keluarnya objek untuk menampilkan objek untuk menggerakkan objek
Soal
33. Dalam sebuah proses pembelajaran, perhatian sangatlah berperan penting sebagai awalan dalam memicu kegiatan belajar. Perhatian terhadap pelajaran akan timbul pada siswa apabila ....
bahan pelajaran dirasakan sesuatu yang dibutuhkan oleh siswa model yang dmenggunakan model-model terkini metode yang menggunakan multimedia bahan pelajaran merupakan materi yang mutakhir
Soal
34. Salah satu prinsip yang harus diterapkan dalam pemilihan isi pendidikan adalah materi pelajaran harus ....
sesuai dengan persepsi orang tua dan masyarakat tentang kebutuhan disusun secara logis dan sistematis sesuai dengan perbedaan individual siswa bervariasi sesuai kegiatan pembelajaran
Soal
35. Rumusan tujuan pembelajaran menggambarkan ....
hasil proses belajar yang diharapkan dicapai peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar proses dan hasil belajar belajar yang diharapkan dicapai peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar indikator pencapaian peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar proses belajar yang diharapkan dicapai peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar
Soal
36. Bagian Pendahuluan Laporan PTK secara urut terdiri dari ...
latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan, kerangka pikir latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan, manfaat, definisi operasional latar belakang masalah, rumusan masalah, seting penilitian, definisi operasional latar belakang masalh, rumusan masalah, manfaat, pembiayaan
Soal
37. Menurut Teori humanistik, tujuan belajar adalah untuk memanusiakan manusia, sehingga tujuan utama para pendidik adalah ....
membantu siswa mengenal diri mereka sendiri sebagai manusia yang unik membantu siswa belajar menjadi manusia dewasa membantu siswa belajar bagaimana menghargai manusia lain menjadikan dirinya menjadi manusia yang berguna bagi orang lain
Soal
38. Berikut yang bukan termasuk pertimbangan dalam memilih jenis TIK/program komputer yang akan digunakan dalam pembelajaran adalah ...
keselarasan dengan karakteristik materi pembelajaran ketepatan dengan tujuan pembelajaran keterbatasan sarana dan prasarana dalam kelas keselarasan dengan karakteristik sasaran atau siswa
Soal
39. Berikut merupakan manfaat refleksi pembelajaran bagi guru, kecuali …
mendukung guru dalam merancang hasil belajar optimal dari siswa membantu guru menguji efektifitas praktik pembelajaran yang dilaksanakannya mengembangkan kesadaran guru tentang perpektif, keyakinan, dan nilainilai yang dapat mendorong siswa belajar lebih baik mengembangkan kepekaan profesional guru terhadap belajar siswa sekaligus pengembangan profesinya
Soal
40. Salah satu tujuan guru atau pendidik mempelajari teori belajar adalah ....
Untuk mengusai kompetensi sosial Terampil mengajarkan teori belajar kepada siswanya Untuk menguasai kompetensi professional Untuk menguasai kompetensi pedagogis
Soal
41. Banyak variasi dalam mendefinisikan media tetapi ada persamaan pengertian, yaitu ....
pengantar guru dan peserta didik penyalur pesan pengantar proses pembelajaran perantara guru
Soal
42. Berikut ini merupakan komponen hardware dari komputer, kecuali ...
Hard disk DOS Procesor Pentium Intel RAM
Soal
43. Perhatikan KD berikut!
KD 3.4. Menggali informasi dari teks dongeng tentang kondisi alam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
Berdasarkan KD tersebut, untuk pemahaman peserta didik rumusan indikator yang tepat adalah....
Menyebutkan kondisi alam dalam teks dongeng Siswa menyebutkan ciria-ciri kondisi alam dengan tepat Membaca teks dongeng dengan nyaring Siswa dapat menuliskan ciri-ciri kondisi alam dalam teks dongeng
Soal
44. Kurikulum harus mampu mengembangkan sesuatu yang baru sesuai dengan perkembangan yang terjadi dan kebutuhan-kebutuhan masyarakat pada masa sekarang dan akan datang. Pernyataan tersebut dalam kurikulum termasuk dalam peranan ...
kreatif evaluatif konservatif kritis
Soal
45. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran adalah ....
memuat rangkaian kegiatan yang harus dilakukan peserta didik secara berurutan jawaban a, b, dan c benar sesuai dengan herarki konsep materi pembelajaran menunjukkan kegiatan siswa dan materi
Soal
46. Tujuan PTK adalah ...
mendiskripsikan upaya memperbaiki proses belajar mengajar mendiagnosis kesulitan belajar siswa mengetahui efektivitas suatu metode pembelajaran melakukan perbaikan proses pembelajaran di kelas
Soal
47. Para siswa kelas 2 SD belajar di dalam kelas. Mereka menerima materi pelajaran dengan tema "Keluargaku" yang disampaikan oleh guru. Pesan yang diterima oleh para siswa tersebut dalam proses komunikasi merupakan unsur....
message decoding noise media
Soal
48. Pembelajaran remedial dilakukan guru untuk membantu peserta didik dalam beberapa hal, kecuali ....
memperbaiki sikap belajar yang dapat mendorong tercapainya hasil belajar yang optimal mengatasi kesulitan dengan memperbaiki cara belajar memahami kesulitan belajar yang dihadapi
memperluas wawasan tentang konsep yang telah dipelajari
Soal
49. Untuk memangkas tepi gambar yang telah kita sisipkan, langkah awal yang harus kita lakukan adalah ...
klik tab Format klik gambar klik ikon Picture klik ikon Crop
Soal
50. Berikut ini merupakan prinsip refleksi pembelajaran, kecuali ...
terintegrasi berkelanjutan sistematis logis
Soal Ujian
ID Ujian :
Nama:
Pilih nomer soal yang tersedia kemudian klik OK
Sudah dijawab
Belum dijawab
Fungsi Tombol Navigasi
Nomer Peserta
:
(14 digit - Wajib)
NUPTK
:
(16 digit - Wajib)
Isi formulir di bawah ini jika ingin dapat kiriman nilai lewat email