Soal Siap UKG SMP IPA 2015

Latihan Soal UKG SMP IPA 2015


 Latihan Soal UKA/UKG SMP IPA 2014, Soal Siap UKAUKG 2014 SMP IPA 2014 img
Latihan Soal UKG SMP IPA 2015. Selamat bertemu dengan Siap UKG, pada kesempatan yang baik ini Siap UKG akan posting dengan judul "Soal Siap UKG SMP IPA 2015"[http://siap-uji-kompetensi-guru.blogspot.com/2013/05/soal-ukg-smp-ipa-2013.html]. Seperti kita ketahui bahwa menurut rencana pelaksanaan UKA/UKG 2015 adalah akan dilaksanakan pada tahun 2015, hal ini terutama bagi yang tahun 2014 belum mengikuti UKA. Dalam rangka untuk mensuskeskan UKA/UKG 2015, Siap UKG akan berbagi beberapa soal yang mungkin bermanfaat untuk menghadapi Soal UKG 2015 IPA SMP resmi. Seperti apa Soal Siap UKA/UKG IPA 2015  ini ?


Soal Siap UKA/UKG 2015 SMP IPA



Q.1) 
Menurut Piaget, tahapan perkembangan operasional konkrit intelektual siswa ada pada usia....


A.
0 - 2 tahun

B.
2 - 6 tahun

C.
6 - 12 tahun

D.
12 - dewasa

Q.2) 
Tes yang dapat digunakan untuk mengetahui pengetahuan awal siswa adalah....

A.
pretes

B.
postes

C.
tes diagnostik

D.
tes penempatan

Q.3) 
Langkah pembelajaran yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi siswa adalah .....

A.
memberi pertanyaan

B.
memberi penghargaan

C.
melakukan pengulangan prsentasi

D.
mengadakan tes di akhir bab

Q.4) 
Kegiatan belajar yang sesuai dengan Teori Konstruktivisme adalah.....

A.
praktikum

B.
mendengarkan ceramah

C.
meringkas buku paket

D.
membaca bergilir

Q.5) 
Model pembelajaran yang paling cocok untuk mengajarkan cara menggunakan mikroskop adalah .....

A.
group investigasi

B.
cooperative learning

C.
model pengajaran langsung

D.
model pembelajaran induktif

Q.6) 
Setelah melakukan suatu demonstrasi cara menggunakan alat tertentu, sebaiknya guru.....

A.
memotivasi siswa

B.
melakukan apersepsi

C.
memberikan kuis

D.
meminta umpan balik

Q.7) 
Berikut ini adalah prinsip-prinsip pengembangan kurikulum,kecuali.....

A.
berorientasi pada tujuan

B.
memiliki relevansi

C.
tidak terintegrasi

D.
efisien dan efektif

Q.8) 
Materi ajar harus dipilih berdasarkan beberapa pertimbangan, salah satunya adalah .....

A.
berdasarkan buku pegangan guru

B.
melihat kepada kondisi sekolah

C.
penguasaan materi oleh guru

D.
tingkat perkembangan siswa

Q.9) 
Materi pembelajaran harus ditata sedemikian rupa denganurutan tertentu yang memperhatikan, kecuali ....

A.
urutan logis

B.
hierarki pengetahuan

C.
prasyarat pengetahuan

D.
urutan bab dalam buku guru

Q.10) 
Soal untuk menguji kemampuan berpikir kritis sebaiknya dalam bentuk .....

A.
esaay

B.
isian

C.
pilihan ganda

D.
menjodohkan

Q.11) 
Apabila guru ingin mengetahui kemampuan siswa dalam cakupan materi ajar yang sangat luas, maka sebaiknya guru menggunakan soal.....

A.
essay

B.
multiple choice

C.
uraian

D.
matching

Q.12) 
Salah satu prinsip keterampilan bertanya yang harus dipegang guru adalah.....

A.
bila siswa agak kesulitan, segera membantu menjawab

B.
memberikan pertanyaan kepada siswa pandai terlebih dahulu

C.
pertanyaan harus menyebar dan acak

D.
pertanyaan diberikan setelah siswa yang akan menjawab telah ditunjuk

Q.13) 
Pertanyaan guru: "Apakah kalian masih ingat pelajaran kita yang lalu? Apa yang dimaksud dengan kalor?" Pertanyaan tersebut berfungsi untuk.....

A.
mengaitkan informasi yang telah dimiliki siswa dengan materi pembelajaran baru

B.
mencek pemahaman siswa setelah mengikuti pembelajaran

C.
memberikan arahan agar bisa menjawab pertanyaan selanjutnya

D.
kembali memfokuskan perhatian siswa setelah mereka mulai kehilangan perhatian

Q.14) 
Roni mendapat skor 20 dari skor total 30, Rani 15, Rika 18 dan Rosa 24 pada sebuah ulangan harian. Bila KKM IPA 75, maka pernyataan yang benar adalah.....

A.
Siswa yang tuntas adalah Roni dan Rosa

B.
Siswa yang tidak tuntas hanya Rani

C.
Siswa yang tuntas hanya Rosa

D.
Siswa yang tidak tuntas Rani dan Roni

Q.15) 
Perhatikan tabel berikut: 
http://www.proprofs.com/api/ckeditor_images/tabel%20soal.jpg Siswa yang harus mengikuti program remidial adalah.....

A.
Abu, Susi, Harun, dan Fadli
Abu, Susi, Harun, dan Fadli


B.
Abduh, Susi, Siska, dan Fadli

C.
Santi, Susi, Harun, dan Hafsiah

D.
Abu, Santi, Siska, dan Fadli

Q.16) 
Judul sebuah laporan penelitian tindakan kelas yang baik hendaknya.....

A.
menyatakan dengan tepat permasalahan dan bentuk tindakan yang dilakukan

B.
dirumuskan sebelum penelitian tindakan kelas dilakukan

C.
memuat nama peneliti dan asal sekolah peneliti

D.
mengandung variabel kontrol dan variabel bebas yang diteliti

Q.17) 
Pernyataan yang tidak tepat mengenai masalah pada PTK adalah.....

A.
diangkat dari kondisi nyata sehari-hari di kelas

B.
rumusan masalah harus dirumuskan dalam bentuk kalimat tanya

C.
masalah memang benar-benar perlu diselesaikan melalui PTK

D.
bukan merupakan masalah yang bukan diluar jangkauan peneliti

Q.18) 
Sebuah kotak memiliki panjang 20 cm, lebar 10 cm dan tinggi 15 mm. Volume kotak tersebut ....

A.
3000 sentimeter kubik

B.
45 sentimeter kubik

C.
300 sentimeter kubik

D.
15 sentimeter kubik

Q.19) 
Molekul senyawa sederhana ditunjukkan oleh.....

A.
http://www.proprofs.com/api/ckeditor_images/h2o.jpg

B.
http://www.proprofs.com/api/ckeditor_images/o2.jpg

C.
http://www.proprofs.com/api/ckeditor_images/cl.jpg

D.
http://www.proprofs.com/api/ckeditor_images/hplus.jpg

Q.20) 
Besaran turunan ditunjukkan oleh.....

A.
volume, kelajuan, dan massa jenis

B.
massa, waktu, dan suhu

C.
luas, volume, dan panjang

D.
kuat arus, volume, dan massa jenis

Q.21) 
Perhatikan pengukuran menggunakan neraca ohauss berikut ini: 
 Massa benda dari pengukuran tersebut adalah.....

A.
43,38 gram

B.
43,80 gram

C.
43,50 gram

D.
43,34 gram

Q.22) 
Perhatikan grafik berikut: 
 Pernyataan yang benar adalah.....

A.
air membeku pada suhu O derajat Celcius

B.
Air menguap pada saat t1

C.
Pada saat t0, air dalam bentuk uap

D.
Air menguap di atas suhu 100oC

Q.23) 
Perpindahan kalor secara koduksi diakibatkan oleh.....

A.
pancaran partikel zat

B.
loncatan partikel zat

C.
aliran partikel zat

D.
getaran partikel zat

Q.24) 
Sebuah percobaan menggunakan ticker timer diperoleh berkas pada kertas pita seperti di bawah ini. 
Gambar tersebut meunjukkan bahwa troly ... .

A.
Bergerak melingkar

B.
Bergerak lurus beraturan

C.
Bergerak lurus berubah beraturan

D.
Bergerak dengan percepatan tetap

Q.25) 
Mengerndarai sepeda dengan kecepatan 5 m/s maka jarak perpindahan yang di tempuh selama 4 menit adalah .....

A.
20 meter

B.
100 meter

C.
25 meter

D.
120 meter

Q.26) 
Perhatikan gambar rangkaian listrik berikut: 
 Jika amperemeter menunjukkan kuat arus 0,25 A dan voltmeter menunjukkan tegangan 6 volt, hambatan lampu adalah .....

A.
0,5 ohm

B.
1,5 ohm

C.
12 ohm

D.
24 ohm

Q.27) 
Perhatikan jaring-jaring makanan berikut: 

A.
ayam

B.
padi

C.
katak

D.
ular

Q.28) 
Pada percobaan perkecambahan diperoleh hasil, kecambah yang ditempatkan di ruang tertutup dan gelap mempunyai ukuran lebih panjang daripada kecambah yang ditempatkan di tempat terbuka. Kesimpulannya adalah .....

A.
udara yang lembab merangsang pertumbuhan

B.
cahaya matahari menghambat pertumbuhan

C.
kekurangan udara merangsang pertumbuhan

D.
suhu di tempat gelap merupakan keadaan optimum untuk pertumbuhan

Q.29) 
Respirasi di dalam sel terjadi pada organel sel ….

A.
kloroplas

B.
lisosom

C.
mitokondria

D.
badan golgi

Q.30) 
Perbandingan antara gambar I dan II adalah 

A.
1 : 2

B.
1 : 4

C.
2 ; 1

D.
4 : 1

Q.31) 
Peristiwa berikut ini yang menunjukkan adanya perpindahan kalor secara konduksi adalah ....

A.
mencairnya es di daerah kutub

B.
sampainya energi panas dari Matahari ke bumi

C.
terjadinya angin darat dan angin laut

D.
memanaskan setrika listrik


Sumber : penelitiantindakankelas.blogspot.com

Keywords : Latihan Soal UKA/UKG SMP IPA 2014, Soal Siap UKAUKG 2014 SMP IPA 2014